Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP melalui Penggunaan Strategi Self-Regulated Learning

Romia Hari Susanti, RHS (2015) Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP melalui Penggunaan Strategi Self-Regulated Learning. Proceedings Konferensi Nasional "Mempersiapkan Kebangkitan Generasi Emas Indonesia 2045 Melalui Revolusi Mental Anak Bangsa". pp. 298-312. ISSN 978-602-18625-2-0 (Submitted)

[img]
Preview
Text
proceeding uph.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemandirian belajar menjadi tuntutan bagi siswa yang ingin memiliki hasil belajar maksimal, karena siswa harus berperan aktif untuk mempelajari materi belajar. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemandirian belajar Matematika siswa dengan menggunakan strategi self regulated learning. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Brawijaya Smart School Malang yang berjumlah 32 siswa. Penggunaan strategi self regulated learning (SRL) dalam penelitian ini diintegrasikan dalam proses pembelajaran Matematika. Strategi SRL ini memiliki empat fase meliputi fase self evaluation and monitoring, goal setting and strategic planning, implementation and monitoring, dan outcome monitoring. Hasil analisis dan refleksi menunjukkan bahwa penggunaan strategi self regulated learning dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Selama penelitian, prosentase jumlah siswa yang memiliki kriteria kemandirian belajar tinggi mengalami peningkatan dari 0% pada siklus I, menjadi 34% pada siklus II dan 84% siswa pada siklus III. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada siklus III kemandirian belajar siswa sudah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu 75%.

Item Type: Article
Subjects: Sosial dan Humaniora > Artikel
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: ROMIA HARI SUSANTI
Date Deposited: 03 Sep 2016 02:52
Last Modified: 03 Sep 2016 02:52
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/756

Actions (login required)

View Item View Item