PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA TEOREMA PYTHAGORAS

Murniasih, Tatik Retno (2016) PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA TEOREMA PYTHAGORAS. Penerbit CV. Bintang Sejahtera.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA TEOREMA PYTHAGORAS)
Prosiding UM Tatik Retno Murniasih.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SERTIFIKAT PEMAKALAH UM 28 MEI 16.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://goo.gl/0QuHYz

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di MTs Miftahul Ulum Ngembal didapatkan hasil antara lain: a) pembelajaran matematika jarang menggunakan media, b) guru menggunakan metode ceramah, dan c) rata-rata nilai pada saat pretes hanya 63% siswa yang mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menggunakan media manipulatif untuk meningkatkanan pemahaman konsep siswa tentang Pythagoras. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Ngembal sebanyak 24 siswa. Subjek wawancara adalah 4 siswa berkemampuan rendah dengan tujuan untuk mengetahui kesulitan siswa tentang materi Pythagoras. Pemilihan subjek wawancara berdasarkan hasil tes akhir. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dalam dua siklus.Hasil penelitian menunjukkan persentase nilai rata-rata hasil observasi pembelajaran siklus I sebesar 78% dan pada siklus II sebesar 89%. Hasil penyelesaian tes akhir siklus I siswa yang mencapai kategori minimal paham konsep sebesar 67% meningkat menjadi 83% pada siklus II. Siswa mencapai KKM sebesar 79% pada siklus I dan meningkat menjadi 92% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) pembelajaran menggunakan media manipulatif dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang teorema Pythagoras, dan 2) respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media manipulatif pada materi Pythagoras adalah positif.

Item Type: Other
Subjects: Sosial dan Humaniora
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: TATIK RETNO MURNIASIH
Date Deposited: 07 Sep 2016 04:09
Last Modified: 08 Nov 2022 02:16
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/800

Actions (login required)

View Item View Item