HALIMATUS SAKDIYAH, SITI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA. In: Seminar Nasional dengan tema ”Pengembangan Profesionalisme Guru dan Dosen Indonesia”, 7 Mei 2016, Universitas Kanjuruhan Malang.
|
Text
Pemakalah_Siti Halimatus_Semnas 7 Mei 2016.pdf Download (277kB) | Preview |
Abstract
Hasil observasi di kelas IX-BSMP Muhammadiyah 4 Singosari Malang menunjukkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa dalam matapelajaran IPS kurang maksimal,keaktifannya 10% serta rata-rata hasil belajarnya 67 dilihat dari hasil ulangannya. Keaktifan yang rendah disebabkan oleh:(1) rasa ingin tahu siswa yang rendah, (2) kebiasaan sis- wa yang pasif, (3) siswa tidak bertanya kepada guru, (4) siswa kurang percaya diri ketika presentasi, dan (5) siswa jarang berargumen ketika diskusi kelompok. Kondisi tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa yang rendah. Inquiry merupakan model pembelajaran dengan sintak yang mengarahkan siswa bebas berpendapat (aktif), mandiri, mencari literatur sendiri dan memecahkan masalah dengan temuannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan penerapan model inquiry. Jenis penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus terdiri dari perencanaan, perlakuan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dengan observasi dan tes. Penelitian dilaksanakan di kelas IXB yang terdiri dari 17 laki-laki dan 16 perempuan, materi hubungan manusia dengan bumi.Hasil penelitian menunjukkan keaktifan siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke II yang nilainya mencapai persentase71% dan 92%. Peningkatan keaktifan siswa berpengaruh terhadap hasil belajarnya, dimana nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke II yaitu 76% dan 87%. Kata-kunci: model pembelajaran inquiry, keaktifan, hasil belajar
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | Sosial dan Humaniora > Konferensi atau Workshop |
Depositing User: | SITI HALIMATUS SAKDIYAH |
Date Deposited: | 09 May 2017 03:06 |
Last Modified: | 09 May 2017 03:06 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/903 |
Actions (login required)
View Item |