RPG Game Menggunakan Logic Editor sebagai Alternatif Pembuatan Game Blender 3D

Prasetyo, Amak Yunus Eko and Setiyaningsih, Wiji RPG Game Menggunakan Logic Editor sebagai Alternatif Pembuatan Game Blender 3D. In: SEMINAR NASIONAL UNIKAMA 2016.

[img]
Preview
Text
5.1. ISI TEMA SAINS DAN TEKNOLOGI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK. Industri Game di Indonesia pada saat ini sudah mencapai pertumbuhan yang cukup baik. Menurut survey terbaru dari Newzoo tahun 2014, industri game di Indinesia sudah mencapai 2,3 triliun rupiah. Setiap tahunnya, tidak kurang 100 game baru muncul di industri game ini. Tentu saja, hal ini merupakan peluang yang sangat luas bagi para pengembang game (agi.or.id, 2016). Berbagai teknik algoritma dan bahasa pemrograman yang mendukung pengembangan sudah banyak kita temui di internet maupun toko buku. Tapi perlu diingat bahwa seperti industri lainnya, industri game juga membutuhkan percepatan dalam pengembangannya. Hal ini diakibatkan oleh permintaan dari industri game tersebut. Sering kali kita lihat bahwa dengan pemrograman game biasa, waktu yang dibutuhkan bisa lebih lama sehingga bisa mengganggu industri game yang ada. Melihat permasalahan di atas, maka perlu adanya alternatif pemrograman game. Cara ini biasanya disebut dengan block programming. Dengan cara ini, seorang pengembang game diharapkan dapat lebih cepat dalam mengembangkan game tersebut (Fullerton,2008). Dalam penelitian ini digunakan Game Logic Editor pada software Blender 3D, yang dapat digunakan sebagai alternatif dalam pengembangan game. Sedangkan kasus yang diteliti adalah pengembangan game RPG. Kata Kunci: Game; RPG; Logic Brick Editor

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: WIJI SETIYANINGSIH
Date Deposited: 06 Dec 2016 05:31
Last Modified: 08 Nov 2022 04:13
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/928

Actions (login required)

View Item View Item