Sari, Yuli Ifana PEMANFAATAN DATA GEOSPASIAL PETA) DALAM PROSES PEMBELAJARAN GEOGRAFI. In: Seminar Nasional Pendidikan Geografi, 6 Agustus 2016, FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
|
Text
Yuli Ifana Sari_Prosiding Purwokerto.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Geografi merupakan ilmu spasial yang diyakini mampu membekali spatial intelligence, spatial ability kepada peserta didik. kajian geografi membentang dari obyek/fenomena litosfer, hidrosfer, atmosfer, biosfer, antroposfer. Dari substansi ini geografi seringkali overlap dengan bidang ilmu lain, yang membedakan adalah sudut pandang spasial. Geografi menelaah semua substanisnya dari sudut pandang spasial. Pandangan spasial inilah yang mengharuskan penggunaan peta; baik peta kerja, peta hasil maupun peta rekomendasi. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji bagaimana pemanfaatan data geospasial (peta) dalam proses pembelajaran geografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian yaitu SMA Negeri 8 Malang. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar IPS geografi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi secara langsung dan wawancara. Teknik untuk memeriksa keabsahan data yaitu dengan menggunakan teknik triangulasi. Data geospasial (peta) dalam pengajaran geografi merupakan media belajar yang penting untuk mengembangkan pengertian ruang dan tempat. Hal ini disebabkan karena data geospasial (peta) mempunyai kemampuan-kemampuan tertentu yang merupakan ciri khasnya. Ciri khas tersebut diantaranya adalah peta mudah digunakan, memiliki visual yang kuat, dan memiliki nilai yang kuat untuk dipercaya. Kata Kunci: Data Geospasial, Peta, Pembelajaran Geografi.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | Sosial dan Humaniora Sosial dan Humaniora > Artikel Sosial dan Humaniora > Konferensi atau Workshop |
Depositing User: | YULI IFANA SARI |
Date Deposited: | 06 Jan 2017 20:37 |
Last Modified: | 06 Jan 2017 20:37 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/984 |
Actions (login required)
View Item |