PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V SDN 1 KEBONSARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT

Sari, Yuli Ifana PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V SDN 1 KEBONSARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT. In: Seminar Nasional dengan tema ”Inovasi Pendidikan di Era BIG DATA dan Aspek Psikologinya”, 24 September 2016, Program Studi Teknologi Pembelajaran & Psikologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

[img]
Preview
Text
Prosiding Halimatus & Ifana Big Data.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan, proses pembelajaran yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Kebonsari Kecamatan Sukun Malang sudah menerapkan kurikulum 2013, dimana siswa harus berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Tetapi kenyataan dilapangan, masih banyak siswa yang belum berani untuk mengemukakan pendapat mereka dan kurang ikut berpartisipasi dalam kegiatan belajar di kelas. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen penelitian yang dipakai dalam penelian ini adalah 1) Lembar observasi dan 2) Catatan lapangan digunakan untuk memperoleh data atau informasi yang berkaitan dengan situasi kelas yang tidak tercantum dalam lembar observasi. Dalam penelitian ini catatan lapangan digunakan untuk mengamati hal-hal yang terjadi didalam kelas selam penerapan model pembelajaran card sort. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata keaktifan siswa sudah menunjukkan kategori cukup aktif di SDN 1 Kebonsari dengan presentase 64%, selanjutnya pada siklus II rata-rata keaktifan siswa sudah menunjukkan kategori aktif atau 78%. Dengan demikian, model pembelajaran card sort dapat direkomendasikan kepada guru di SDN 1 Kebonsari dalam melaksanakan pembelajaran. Kata kunci: Keaktifan; Card sort

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Sosial dan Humaniora
Sosial dan Humaniora > Artikel
Sosial dan Humaniora > Konferensi atau Workshop
Depositing User: YULI IFANA SARI
Date Deposited: 06 Jan 2017 21:00
Last Modified: 06 Jan 2017 21:00
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/986

Actions (login required)

View Item View Item